Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/05/2015 10:03 WIB

Relawan RZ Berikan Layanan Kesehatan Untuk Pengungsi Rohingya

Rumah Zakat Saat Berikan Bantuan Kesehatan Pada Para Pengungsi Rohingya
Rumah Zakat Saat Berikan Bantuan Kesehatan Pada Para Pengungsi Rohingya
ACEH_DAKTACOM: Relawan RZ kembali memberikan layanan kesehatan bagi pengungsi Rohingya di posko pengungsi Pangkalan Susu, Kab. Langkat dan posko Langsa, Aceh Timur. Sebanyak 69 orang menjalani pemeriksaan kesehatan serta pengobatan. 
 
Dari hasil pemeriksaan kesehatan tim medis RZ, kebanyakan para pengungsi mengalami permasalahan di lambung.
 
"Ada yang kencing berdarah, gastritis akut sehingga harus diinfus, diare, luka-luka parah maupun ringan. Pengungsi juga mengalami mual, muntah dan pusing karena terlalu lama di laut," ungkap Herlan Wilandari, Koordinator Relawan RZ, Ahad (17/05/15).
 
Hal itu dikarenakan selama berminggu-minggu para pengungsi ini terombang-ambing di lautan, tanpa adanya kecukupan asupan makanan yang dapat menjangkau kesehatan mereka. 
 
"Sebagian dari mereka bahkan ada yang terluka karena berebut makanan saat di kapal," tambah Herlan.
 
Berdasarkan pantauan Relawan RZ, saat ini pengungsi Muslim Rohingya di Aceh tersebar di 3 wilayah yaitu 581 orang di Lhoksukon, Aceh Utara 790 orang di Langsa, Aceh Timur dan 97 orang di Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat. 
 
Sementara itu Relawan RZ juga telah menyalurkan bantuan logistik di posko Lhoksukon dan posko Langsa, Aceh Timur. Bantuan tersebut berupa 6 lusin sabun mandi, 150 pcs pasta gigi, 6 lusin sikat gigi, 7 dus air mineral, 21 dus biskuit, 18 dus susu UHT, 3 dus mie instan, 18 liter minyak goreng, 480 kaleng Superqurban serta 9 karung besar pakaian layak pakai.
 
"Relawan RZ masih akan melanjutkan aksi lainnya untuk para pengungsi, diantaranya layanan kesehatan, distribusi logistik dan family kits, layanan pangkas rambut, pembukaan posko hangat dan juga trauma healing," pungkas Herlan.
Editor :
Sumber : Bingsmile Indonesia
- Dilihat 1915 Kali
Berita Terkait

0 Comments