Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 17/10/2017 09:45 WIB

Pilgub Sulsel, Rivai Ras Makin Melesat

rivai ras
rivai ras
JAKARTA_DAKTACOM: Nama Rivai Ras kian moncer di telinga masyarakat Sulawesi Selatan. Bahkan dalam beberapa hasil temuan dan penelitian lembaga survey, Rivai merupakan sosok baru yang diprediksi bakal menggantikan posisi Yasin Limpo pada  Pilkada Sulawesi Selatan (Sulsel), dan paling mendapatkan tempat di hati masyarakat.
 
Hal ini berangkat dari kekecewaan pada sosok pemimpin atau pejabat sebelumnya, yang dinilai hanya tebar pesona dan mengingkari janji semasa kampanye dulu.
 
Pendapat ini terungkap lewat hasil survei yang digelar Lembaga Jaringan Survei Indonesia(LJSI) untuk mendapatkan data tentang respon publik Sulsel terhadap para tokoh yang akan mencalon kan diri sebagai Calon Gubernur Sulsel.
 
Survey atau penelitian yang dilakukan LJSI kali ini, yakni dengan mengunakan cara survei opini publik yang melibatkan responden sebanyak 1.327 warga Sulsel yang tersebar di kabupaten dan Kotamadya se-Sulsel.
 
"Hasilnya, tingkat kompentensi kepemimpinan para tokoh masyarakat menilai, bahwa Rivai Ras adalah yang sangat tinggi tingkat kompentensi kepemimpinannya dari seluruh tokoh dengan dinilai 67,3%, disusul Agus  Arifin Nu'mang 66,2,%, Rudi Masse 65,3%, Nurdin Abdullah 61,3%, Ichsan Yasin Limpo 59,4%, Akbar Faisal 58,7%, Nurdin Halid 56,4% dan La Tinro Latunrung 53,3%," ujar Direktur LJSI Wilayah Indonesia Timur, Herlina dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/10).
 
Sementara itu kata dia, dalam pertanyaan terbuka (top of mind), jika Pilkada Provinsi Sulawesi Selatan dilakukan saat ini (saat pengambilan data survei), maka nama Rivai Ras  (10.7%) merupakan kandidat paling unggul.
 
"Kemudian disusul Agus Arifin Nu'mang ( 8,4%), Nurdin Abdullah (7,3%), Akbar Faisal (7,2%), Rudi Masse (6,9%), Ichsan Yasin Limpo (6.7%), Nurdin Halid (5.9%), dan La Tinro Latunrung  (1.6%)," ujarnya.
 
Sedangkan yang belum menentukan pilihannya, kata Herlina, yakni sebesar 45,3%.
 
"Hal ini menandakan bahwa nama Rivai Ras tokoh baru yang sudah memulai sosialisasi sejak setahun ini sangat  melekat di memori publik sebagai calon gubernur. Tapi perlu dicatat, undecided voters masih sangat tinggi dan pelaksanaan pilkada masih 8 bulan lagi sehingga masih sangat mungkin terjadi fluktuasi politik (pergeseran pemilih)," tandasnya.
 
Lanjutnya, dalam pertanyaan tertutup jika Pilkada Sulawesi Selatan dilaksanakan sekarang , maka jawaban responden yang memilih Rivai Ras juga cukup tinggi yakni (14,4 %), Agus Arifin Nu'mang (13,2%), Rudi Masse (12,3%), Nurdin Abdullah (10,4%), Ichsan Yasin Limpo (8.2%), Akbar Faisal (7,7%) , Nurdin Halid (6.2%) dan La Tinro Latunrung 2,2 %.
 
"Nama Rivai Ras, Agus Arifin Nu'mang, Nurdin Abdullah dan Rudi Masse  merupakan kandidat potensial untuk menjadi Gubernur Sulawesi Selatan, sementara yang belum menentukan pilihan sekitar 25,4%," paparnya.
 
Secara statistik, perolehan elektabilitas 4 (empat) kandidat tersebut selisih tipis satu sama lain dengan kandidat di bawahnya (masih dalam rentang margin of error). Ini artinya belum ada kandidat yang sangat kuat berpontensi memenangkan Pilkada Sulawesi Selatan.
 
Dengan demikian, Rivai Ras yang merupakan pendatang baru di dunia perpolitikan Sulsel, termasuk paling siap dibanding tokoh-tokoh yang berpotensi maju sebagai bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan.
 
Selain itu, LJSI juga menemukan temuan, yang ternyata publik Sulsel yang puas dengan kinerja Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo saat ini mencapai: 66.7%.
 
Sementara itu, yang puas dengan kinerja Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang saat ini: 69,3 %. Secara kuantitatif, angka kepuasan gubernur relatif tinggi karena berada jauh di atas 50 persen. Begitu pula, tingkat kepuasan wakil gubernur cukup baik karena di atas 50%.
 
"Dalam teori perilaku pemilih, tingkat kepuasan gubernur memang lebih tinggi dari wakil gubernur. Hal ini wajar lantaran peran Gubernur lebih dominan ketimbang Wakilnya, tapi ini justru terbalik, publik lebih puas dengan kinerja Wakil Gubernur. Ini dapat diartikan kalau Syahrul Yasin Limpo sebagai Gubernur pada kepemimpinannya pada periode kedua banyak memberi peran pada wakilnya," papar Herlina.
 
Adapun sifat atau kriteria Gubernur yang diharapkan bisa memimpin Provinsi Sulawesi Selatan lima tahun ke depan? Jawaban para responden: Jujur (21.36%), terbukti kinerjanya (20.37%), merakyat (16.85%), dan berpengalaman (10.36%).
 
"Empat sifat yang cenderung dominan ini penting untuk diperhatikan mengingat hal itu adalah harapan publik terhadap karakter pemimpin lima tahun mendatang," pungkasnya.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 998 Kali
Berita Terkait

0 Comments