Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 16/10/2017 07:45 WIB

Menaker Minta Pelaku Usaha Bantu UMKM

Menaker Hanif Dakhiri
Menaker Hanif Dakhiri
JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengajak seluruh dunia usaha untuk lebih optimal memberdayakan masyarakat dengan pelatihan dan pengembangan kewirausahaan.
 
Hal itu bertujuan membantu perkembangan bisnis pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
 
"Pengusaha dan pemerintah harus berperan aktif dalam meningkatkan kewirausahaan, salah satunya melalui pelatihan untuk mengembangkan UMKM," ujarnya dalam keterangan resmi pada Ahad (15/10).
 
Hanif menuturkan selama ini keberadaan  UMKM merupakan bantalan ekonomi yang kuat saat Indonesia diterpa krisis ekonomi.
 
Oleh karena itu, dia mengatakan perlu adanya partisipasi aktif dari seluruh dunia usaha untuk membantu pemerintah dalam memberdayakan masyarakat dengan pelatihan dan pengembangan kewirausahaan secara lebih optimal.
 
Dia menjelaskan angkatan kerja Indonesia 60% lulusan SD/SMP sehingga harus dibina dengan baik untuk memiliki keterampilan memasuki dunia kerja ataupun mengembangakan wirausaha. Tambah lagi, persaingan saat ini semakin ketat sehingga UMKM harus terus didorong. "Kita harus bergerak lebih cepat dan berdaya saing tinggi."
 
Menurut Hanif, mengajak orang berwirausaha tidak cukup hanya dengan memberi keterampilan, tapi juga  harus mengembangkan permodalan, proses produksi, marketing, dan inovasi.
 
Dia melanjutkan UMKM juga harus mulai terintergrasi dengan ekonomi digital supaya bisa berkembang. UMKM bisa menjadi kekuatan ekonomi nasional jika dikelola dengan baik.
 
"Zaman sekarang kalau tidak melakukan inovasi akan mati, makanya perlu melakukan inovasi produk," paparnya.
Editor :
Sumber : bisnis.com
- Dilihat 1303 Kali
Berita Terkait

0 Comments