Internasional / Asia /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 17/05/2015 07:03 WIB

PBB Minta Indonesia, Thailand dan Malaysia Tak Usir Kapal Migran

Migran Asal Rohingya merapat di Kuala Langsa Aceh
Migran Asal Rohingya merapat di Kuala Langsa Aceh

NEW YORK PBB_DAKTACOM:  PBB  menyerukan kepada Indonesia, Malaysia dan Thailand untuk tidak mengusir kapal-kapal pembawa migran dan seharusnya menyelamatkan mereka.

Komisioner HAM PBB Zeid Ra’ad Al Hussein mengatakan perhatian harus diberikan untuk menyelamatkan nyawa sekitar 6.000 migran yang diperkirakan masih berada di laut. Dikatakan mereka berasal dari suku Rohingya di Myanmar dan migran dari Bangladesh.

"Saya terkejut dengan adanya laporan-laporan bahwa Thailand, Indonesia dan Malaysia mengembalikan kapal-kapal penuh dengan migran ke laut, yang pada akhirnya akan menyebabkan banyak dari mereka meninggal dunia," kata Zeid Ra’ad Al Hussein, Jumat (15/05).

"Fokus seharusnya diberikan untuk menyelamatkan jiwa, bukan lebih lanjut membahayakan keselamatan mereka."

Pada satu sisi Komisioner HAM PBB Zeid Ra’ad Al Hussein juga memuji Indonesia yang telah menerima ratusan migran dan Malaysia yang telah menampung 1.080 orang selama beberapa hari terakhir.

Menurut PBB, kebijakan Myanmar terhadap etnik Rohingya menjadi pangkal persoalan. Dinafikkan kewarganegaraan dan dipaksa tinggal di kamp-kamp padat, mereka oleh PBB disebut sebagai korban diskriminasi yang melembaga dan sampai persoalan itu ditangani, migrasi akan terus terjadi.

 

Editor :
Sumber : BBC Indonesia
- Dilihat 1056 Kali
Berita Terkait

0 Comments