Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 11/10/2017 13:00 WIB

Polisi Pantau Bakal Calon Bermasalah di Pilkada 2018

Kabareskrim Ari Dono Sukmanto
Kabareskrim Ari Dono Sukmanto
SEMARANG_DAKTACOM: Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah memberikan instruksi agar jajarannya menyiapkan peta antisipasi kerawanan keamanan dalam Pilkada serentak 2018. 
 
Terkait hal tersebut, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto mengatakan pemetaan akan dimulai dari mendata setiap sosok yang hendak menjadi bakal calon (balon) dalam konstesasi Pilkada di 171 wilayah itu.
 
"Kami sudah harus mapping calon-calon yang kira-kira akan diusung sejak awal. Kalau memang mereka masih ada tabungan laporan polisi, tuntaskan dan selesaikan di depan," kata Ari saat ditemui di sela-sela Apel Kasatwil 2017 di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (11/10).
 
Penyisiran mula ini, kata Ari, dilakukan demi mengantisipasi kasus-kasus dugaan tindak pidana menjadi alat permainan politik Pilkada yang bisa berpengaruh pada kerawanan keamanan.
 
"Seumpanya si A ada laporan polisi. Oh, ini kayaknya mencalonkan [diri], cepat tuntaskan [kasusnya]. Jangan saat dia mencalonkan, terus kami baru kerja. Nanti dipikir orang kami main politik," ujar pria kelahiran Bogor pada 1961 silam itu.
 
Tak dipungkiri, Korps Bhayangkara banyak memetik pelajaran dari Pilkada DKI Jakarta 2017. Langkah polisi menyidiki kasus dugaan penodaan agama yang dilakukan calon gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tahun lalu memberikan konsekuensi tersendiri bagi institusi Polri.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : CNN Indonesia
- Dilihat 120 Kali
Berita Terkait

0 Comments