Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 10/10/2017 15:30 WIB

Penghuni Lapas CIkarang Produksi Alat Makan Plastik

(Ilustrasi) Lapas
(Ilustrasi) Lapas
CIKARANG_DAKTACOM: Lapas Kelas III Cikarang Bekasi membutuhkan dukungan pemerintah daerah untuk mengembangkan usaha pembuatan peralatan makan berbahan plastik yang dikerjakan oleh narapidana.
 
Kalapas Cikarang Bekasi, Anton Kadek Budiharta mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan, untuk memproduksi peralatan makan berbahan plastik seperti gelas, sendok dan garpu.
 
Aktivitas dalam memproduksi plastik dilakukan di dalam lapas dan dikerjakan oleh para narapidana atau warga binaan lapas.
 
"Sejauh ini produksi plastik itu sudah berjalan, sebagian narapidana telah dipekerjakan dengan mendapat upah namun tidak memakai sistem upah minimum," ujarnya pada Selasa (10/10).
 
Penerapan produksi plastik itu agar narapidana mendapatkan ketrampilan khusus, selain itu lapas Cikarang memang difungsikan sebagai lapas industri.
 
Dengan difungsikannya lapas industri maka akan banyak kebutuhan yang diperlukan oleh lapas, pihaknya berkeinginan supaya pemerintah daerah menjembatani ke pengusaha agar ikut memberdayakan narapidana melalui pelatihan di dalam lapas.
 
Anton menambahkan, meski dikerjakan oleh narapidana, namun permintaan dari konsumen untuk alat makan berbahan plastik yang dinamakan lacika itu sangat tinggi, pihaknya sempat kewalahan menerima pesanan dari konsumen.
 
Saat ini sudah ada 6 unit injection molding, alat ini akan memproduksi alat makan berbahan plastik yang dikerjakan oleh narapidana.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 95 Kali
Berita Terkait

0 Comments