Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 09/10/2017 06:00 WIB

Lebih Aman, OJK Imbau Bank Syariah Masuk ke Mikro

Ilustrasi Pasar Tradisional
Ilustrasi Pasar Tradisional
JAKARTA_DAKTACOM: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau agar perbankan syariah mengoptimalkan penyaluran pembiayaan kepada nasabah di segmen mikro karena dinilai lebih aman dalam kondisi saat ini. 
 
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menuturkan, pihaknya akan mendorong perbankan syariah untuk masuk lebih dalam ke pembiayaan sektor mikro. Salah satu strategi yang dapat dilakukan, menurutnya, adalah melalui kerja sama dengan komunitas untuk menjangkau nasabah dari kelompok pengusaha kecil.
 
“Syariah harus jelas, jangan sampe cross-road, tidak tahu kemana. Kalau masuk korporat berat, menengah recovery, paling pas adalah mikro segmen yang tahan guncangan,” tuturnya di Jakarta beberapa waktu lalu.  
 
Dari sisi kemanfaatan, lanjut Wimboh, dana yang disalurkan oleh bank syariah ke para pengusaha kecil dinilai sangat penting untuk memberikan akses yang dibutuhkan untuk mendapatkan tambahan modal. Dengan demikian, aspek kemanfaatan yang menjadi prinsip perbankan syariah dapat terpenuhi.
 
Berdasarkan informasi dari OJK, perkembangan industri perbankan syariah selama dua dekade ini cukup baik dan saat ini Indonesia telah memiliki industri keuangan syariah yang cukup lengkap. 
 
Dari sektor perbankan syariah, saat ini sudah memili 13 bank umum syariah, 21 unit usaha syariah, dan 167 bank pembiayaan rakyat syariah. Dengan total aset senila Rp380 triliun yang terbagi 95% aset perbankan konvensional dan 5,32% aset perbankan syariah. 
 
Dari sisi IKNB Syariah total aset senilai Rp99,15 triliun, yang terbagi dari Rp38,66 triliun asuransi syariah, Rp37,61 triliun pembiayaan syariah dan Rp22,88 triliun IKNB Syariah lainnya. 
Editor :
Sumber : Bisnis.com
- Dilihat 1243 Kali
Berita Terkait

0 Comments