Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 07/10/2017 13:27 WIB

Milton Crosby Ungguli Survey VPS Pada Pilgub Kalbar

milton crosby
milton crosby
JAKARTA_DAKTACOM : Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak, Vox Populi Survey (VPS) menggelar survey untuk menyambut Pilgub Kalimantan Barat yang akan berlangsung tahun 2018 nanti. Pengambilan sample dalam survey ini mengunakan Metode Multistage Random Sampling dengan Tingkat Kepercayaan sebesar 95% dan Margin of error +/- 2,2%. 
 
Direktur Eksekutive Vox Populi Survei (VPS), Ahmad Fikri mengatakan survey ini berlangsung dari tanggal 17 September- 29 September 2017 di 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat dengan melibatkan 2077 responden.
 
"Dari hasil survey tersebut menghasilkan beberapa temuan terkait Pilgub Kalimantan Barat yakni sebanyak 63,7% esponden menyatakan kondisi perekonomian Kalimantan Barat semakin buruk, sedangkan untuk kondisi ekonomi keluarga selama lima tahun terakhir juga dinilai semakin buruk oleh sebanyak 65,6% responden. Selain itu, sebanyak 59,4% responden mengungkapkan bahwa aspek lapangan kerja yang minim  perlu diprioritaskan untuk dibenahi di Kalimantan Barat," ungkap Fikri dalam keterangan persnya kepada para wartawan, Sabtu (07/10). 
 
Lebih lanjut, Fikri mengatakan pernyataan masyarakat tentang kondisi pemerintahan Cornelis di periode kedua dianggap lebih buruk dibanding periode pertama.
 
"Dari total keseluruhan responden, 58,7% diantaranya menyatakan pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat  lebih buruk dari periode pertama, dan 56,3% responden mengaku tidak puas dengan pemerintahan yang dipimpin selama dua periode oleh Cornelis yang juga berencana mengusung putrinya Carolin Margareth yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Landak," tambahnya.
 
Dari tokoh-tokoh yang diuji dalam survey VPS, tingkat popularitas Carolin Margareth mencapai 76,4%, disusul mantan Bupati Sintang dua periode, Milton Crosby yang mencapai 75,8%. Namun naiknya popularitas Carolin akibat dari hebohnya skandal video porno mirip Putri Gubernur Kalimantan Barat tersebut. Sementara itu Walikota Singkawang Awang Ishak memperoleh 72,1%, Walikota Pontianak Sutarmidji 71,8%, dan Bupati Mempawah Ria Norsan 64,3%.
 
"Sementara terkait dengan tingkat elektabilitas, Milton Crosby dianggap tokoh yang paling diterima semua kalangan masyarakat Kalbar dengan perolehan 74,7%, kemudian Awang Ishak 68,2%, Sutarmidji 61,9%, Ria Norsan 59,2%, Carolin justru hanya sebesar 54,2%," paparnya.
 
Saat diajukan pertanyaan Terbuka jika Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat digelar pada hari ini, 29,7% responden memilih Milton Crosby, disusul oleh Sutarmidji sebesar 20,2%, Ria Norsan 9,3%, Carolin Margareth 5,3%, dan Awang Ishak 2,9%. sedangkan yang tidak menjawab sebanyak 7,3  persen.
 
Dari hasil survey tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat popularitas tokoh yang tinggi tidak berarti memiliki elektabilitas tinggi karena justru tingkat kepercayaan publik terhadap tokoh tersebut yang menjadi ukuran masyarakat untuk memilih kepala daerah.
 
“Terkait Carolin Margareth walau sangat populer di masyarakat Kalimantan Barat namun mereka justru kurang menerima dan meragukan kemampuannya sebagai Gubernur, mereka menilai bahwa politik dinasti yang sedang coba dibentuk oleh Cornelis dengan memaksakan putrinya untuk maju seperti pada Pilkada di Kabupaten Landak,” tutupnya.
Reporter :
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 1051 Kali
Berita Terkait

0 Comments