Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 07/10/2017 12:31 WIB

Jumlah Penduduk Berkurang, Kinerja Disdukcapil Kabupaten Bekasi Belum Maksimal?

Ilustrasi penduduk
Ilustrasi penduduk

BEKASI_DAKTACOM: Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi menilai akurasi data kependudukan yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi belum maksimal.

Hal itu ditandai dengan menyusutnya jumlah penduduk Kabupaten Bekasi dari tahun 2016 ke tahun 2017 sebanyak 25 – 30 persen.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Danto bin H. Amin menjelaskan berdasarkan Data Kependudukan (DK) Semester I, yakni dari tanggal 01 Januari hingga 31 Juni 2017 jumlah penduduk Kabupaten Bekasi berjumlah mencapai hampir 2,6 juta jiwa, sementara sebelum-sebelumnya jumlah penduduk berada di angka 3,7 juta jiwa.

Untuk itu, pihaknya akan berusaha untuk menggenjot kinerja Disdukcapil agar Data Kependudukan yang terdaftar di Kemendagri lebih akurat.

Dengan menyusutnya jumlah penduduk maka akan berpengaruh terhadap Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) karena bantuan pemerintah pusat juga dipengaruhi oleh jumlah penduduk.

Danto menambahkan, jumlah penduduk ini juga akan berpengaruh terhadap jumlah kursi di Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang. Pasalnya, beradasarkan UU Pemilu 2017 Pasal 191, apabila jumlah penduduk mencapai lebih dari 3 juta jiwa maka DPRD akan memperoleh alokasi sebanyak 55 kursi.

Jika dilihat secara kasat mata banyak pemukiman-pemukiman baru di Kabupaten Bekasi sehingga penduduk seharusnya bertambah, bukan malah menyusut.

Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 1521 Kali
Berita Terkait

0 Comments