Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 06/10/2017 16:30 WIB

8 Oktober 2017, KRL Jakarta-Cikarang Mulai Beroperasi

Ilustrasi KRL
Ilustrasi KRL
CIKARANG_DAKTACOM: PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai mengoperasikan Kereta Rel Listrik ( KRL) hingga Stasiun Cikarang, Kabupaten Bekasi, mulai hari Ahad (8/10) mendatang.
 
“Kereta Commuter Indonesia semakin memperluas wilayah pelayanannya. Dari persiapan yang telah dilakukan bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan sejumlah uji coba, kami telah siap sepenuhnya untuk melayani para pengguna KRL sampai ke Cikarang,” ujar Direktur Utama PT KCI, MN Fadhila, dalam keterangan tertulis, Jumat (6/10).
 
Ia menjelaskan, setelah KRL rute Cikarang dioperasikan, akan ada 32 perjalanan atau 16 perjalanan pulang pergi yang melayani para pengguna di lintas Cikarang-Jakarta Kota.
 
Menurut dia, KRL rute Cikarang akan berhenti di dua stasiun baru, yaitu Stasiun Bekasi Timur dan Cibitung. Stasiun Cikarang sendiri hanya dilakukan revitalisasi, dan demikian juga  Stasiun Tambun.
 
Jadwal KRL pertama dari Cikarang ke Jakarta Kota mulai pukul 04.45 WIB dan kereta terakhir dijadwalkan berangkat pukul 19.32 WIB untuk tujuan Jakarta Kota, dan pukul 20.52 untuk tujuan Bekasi. Pemberangkatan dari Bekasi untuk Jakarta Kota tersedia hingga pukul 22.15.
 
Untuk arah sebaliknya, dari Stasiun Jakarta Kota, kereta pertama berangkat menuju Cikarang pukul 05.41 WIB dan kereta terakhir dari Jakarta Kota-Cikarang tersedia pada pukul 17.46 WIB. Pemberangkatan dari Bekasi tersedia hingga pukul 18.43 WIB untuk tujuan Cikarang.
 
"Jarak Cikarang – Jakarta Kota sejauh 43,97 kilometer, maka tarif yang perlu dibayarkan pengguna adalah Rp 5.000. Diperkirakan waktu tempuh Cikarang-Jakarta Kota selama 90 menit, sementara untuk Cikarang-Bekasi dengan jarak 16 kilometer sekitar 20 menit," kata Fadhila.
 
Di Stasiun Cikarang, PT KCI telah memasang sembilan gate elektronik dan enam mesin point of sales (POS), delapan gate elektronik dan empat mesin POS di Stasiun Cibitung, empat gate elektronik dan lilma mesin POS di Stasiun Tambun, dan semnilan gate elektronik dan lima mesin POS di Stasiun Bekasi Timur.
 
Fadhila mengimbau kepada para pengguna untuk tidak makan, minum, membuang sampah sembarangan, dan duduk di lantai KRL. Pengguna juga agar tidak memaksakan diri untuk naik apabila KRL sudah penuh.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Kompas.com
- Dilihat 142 Kali
Berita Terkait

0 Comments