Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 06/10/2017 09:30 WIB

JAAN: Lutung Jawa Muaragembong Masih Kerap Diburu

induk lutung jawa
induk lutung jawa
CIKARANG_DAKTACOM: Jakarta Animal Aid Network (JAAN) mencatat populasi lutung jawa yang berada di pesisir Muaragembong Kabupaten Bekasi semakin menurun akibat maraknya perburuan.
 
Ketua JAAN, Benfika, ditemui dalam gelar perkara kepolisian dalam kasus kepemilikan hewan dilindungi di Desa Karang Asih Kecamatan Cikarang Utara, Kamis (5/10), ia mengatakan pihaknya kerap mendapat laporan dari warga terkait perburuan liar satwa endemi lutung jawa di pesisir Muaragembong.
 
"Populasinya menurun akibat adanya perburuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.
 
Beberapa waktu lalu, pihaknya sempat memantau jumlah populasinya memang sudah sedikit yang berjumlah 3 kawanan yang terdiri dari 10 hingga 30 ekor.
 
Untuk itu pihaknya tengah memantau dan bersama-sama dengan warga yang peduli dengan membuat konservasi lutung jawa.
 
Benfika menambahkan untuk menjaga populasi lutung jawa yang berada di Kecamatan Muaragembong dibutuhkan peran serta dari pemerintah dan unsur terkait.
 
Sementara itu terkait dengan penemuan satwa dilindungi yang dipelihara warga diantaranya elang jawa, pihaknya mengakui memang keberadaan satwa itu juga saat ini menurun populasinya dan tengah difokuskan untuk dilakukan konservasi agar keberadaanya tidak punah.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1779 Kali
Berita Terkait

0 Comments