Nasional / Teknologi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 05/10/2017 11:00 WIB

Pancasila Dapat Diterapkan dalam Kehidupan Dunia Maya

Cissrec di Yogya
Cissrec di Yogya
YOGYAKARTA_DAKTACOM: Memasuki penghujung tahun 2017, Indonesia masih dihadapkan pada tantangan serius di wilayah siber. Diperlukan konsep yang tepat sehingga bisa diwujudkan kehidupan siber yang ber-Pancasila di tanah air. 
 
Apalagi saat ini begitu banyak berita yang tidak jelas kebenaranya dan cenderung mendorong masyarakat dalam perpecahan.
 
Dalam paparannya Rabu (4/10) di Yogyakarta, pakar keamanan siber Pratama Persadha menjelaskan bahwa, memang diperlukan aturan dan teladan dalam kehidupan siber di tanah air. P
 
Pemerintah bisa memberikan aturan yang jelas. sementara masyarakat bisa secara sendiri ataupun bersama-sama membangun konten positif.
 
“Dalam kehidupan siber bernafaskan Pancasila, kita punya tujuan tidak hanya berkehidupan yang aman dan damai. Lebih dari itu lewat teknologi dan wilayah siber kita bisa meningkatkan daya saing sekaligus kesejahteraan masyarakat,” jelasnya selaku chairman lembaga riset keamanan siber CISSReC
 
Terkait visi Yogyakarta menjadi Cyber Province 2019, Pratama menegaskan bahwa, media sosial dapat menjadi pintu masuk informasi paling utama yang dapat menjadi sarana promosi murah, cepat, dan tepat sasaran.
 
Namun demikian, diingatkan dia, keamanan data dan informasi digital harus menjadi prioritas penting.
 
"Mengingat pada 2015, jumlah kasus kejahatan siber di Indonesia meningkat signifikan hingga 389% dari tahun 2014,” lanjut Pratama, mengutip data dari Microsoft Indonesia.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Rilis CISSreC
- Dilihat 213 Kali
Berita Terkait

0 Comments