Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 02/10/2017 13:00 WIB

Tanggul Kali Bekasi Longsor Tergerus Air, Lalu Lintas Dialihkan

tanggul sheet pile kali bekasi longsor
tanggul sheet pile kali bekasi longsor
BEKASI_DAKTACOM: Kondisi tanggul sheet pile Kali Bekasi yang longsor pada Februari 2017, mulai parah. Bukan hanya tanggul yang ambruk, tapi lapisan tanah di bawah jalan semakin tergerus oleh derasnya aliran kali.
 
Akibatnya, arus lalu lintas kendaraan dari Jalan Raya Narogong menuju Jatiasih terpaksa dialihkan ke jalur sebaliknya. Hal itu dilakukan agar longsor tidak merembet ke badan jalan yang dipicu oleh tekanan beban jalan kendaraan.
 
"Sejak longsor, langsung alihkan oleh warga ke jalur sebaliknya. Kalau tidak dialihkan, khawatir longsor merembet hingga ke jalan," kata Juki (27), seorang Pak Ogah (sukarelawan lalu lintas), Senin (2/10).
 
Juki mengatakan, rekayasa lalu lintas berupa melawan arus (contra flow) ini kerap menimbulkan kemacetan. Soalnya, panjang rekayasa itu kurang lebih sekitar 250 meter, sampai pertigaan Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Jatiasih.
 
Apalagi, ruas jalan yang digunakan untuk contra flow hanya memiliki dua lajur, sehingga satu lajur terpaksa digunakan untuk jalur sebaliknya.
 
"Setiap pagi dan sore selalu macet, karena lajurnya kan dipakai untuk kendaraan sebaliknya," ujar Juki.
 
Pantauan di lapangan, panjang tanggul Kali Bekasi yang longsor sekitar 50 meter. Titik longsor berada tepat di tikungan jalan yang baru dibeton oleh Pemerintah Kota Bekasi. Tanggul berbeton ini diduga longsor karena tak kuat menahan arus yang ada di Kali Bekasi.
 
Soalnya, lokasi kejadian berdekatan dengan titik pertemuan aliran air Kali Cikeas dengan Kali Cileungsi, sehingga tekanan air yang diterima oleh Kali Bekasi cukup tinggi.
Editor :
Sumber : Wartakota
- Dilihat 973 Kali
Berita Terkait

0 Comments