Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 28/09/2017 13:04 WIB

Pemkot Bekasi Siapkan Dana Pengembangan Bank Sampah

Ilustrasi Tempat Pembuangan Sampah
Ilustrasi Tempat Pembuangan Sampah
BEKASI_DAKTACOM: Pemerintah Kota Bekasi menyiapkan dana bergulir pengelolaan Bank Sampah melalui kredit tanpa bunga di BPR Patriot. 
 
Saat ini sudah di siapkan tiga milyar rupiah yang siap di manfaatkan bagi Rukun Warga yang mengelola Bank Sampah.
 
Dana ini disiapkan untuk melakukan pengelolaan sampah dari sumber targetnya adalah 20 persen sampah yang di produksi warga Kota Bekasi dapat di olah dari awal.
 
"Saat ini ada sekitar 1700 ton sampah, hasil produksi masyarakat Kota Bekasi sekitar 2,5 juta orang. Dan alat pengangkut sampah yang di miliki Kota Bekasi dalam hal ini truk sampah hanya sekitar 200 unit dari kebutuhan sekitar 800 unit, artinya masih kekurangan sekitar 600 unit di samping lahan TPA Sumur Batu yang saat ini mendekati over load," ungkap Kabid penaatan dan peningkstan kapasitas lingkungan hidup Dinas  LH Kota Bekasi Sugiono, Kamis (28/9).
 
Pihaknya mengungkapkan untuk mengurangi penumpukan sampah liar maka di buat Bank sampah di masing masing Rukun Warga (RW). Saat ini sudah di catat sebanyak 911 Bank Sampah, namun yang sudah beroperasi maksimal sekitar 200 bank sampah.
 
Di Kota Bekasi saat ini tercatat sekitar 1013 rukun warga yang siap mengelola bang sampah dengan pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup.
 
"Bank sampah ini di kelola oleh masyarakat langsung, sampahnya dipilah antara organik dan non organik. Yang organik dapat dijadikan pupuk untuk kebutuhan lingkungan dan yang non organik dapat diolah sebagai barang daur ulang. Kita dari Dinas Lingkungan Hidup juga melakukan pembinaan. Pembinaan ini kita juga siapkan dana sekitar 300 juta rupiah untuk satu tahun di semua Bank sampah," tambahnya.
 
Sugiono menjelaskan dari sekitar 1700 ton sampah yang saat ini dapat diangkut sekitar 60 persen dan 20 persennya dapat diolah di Bank sampah milik warga. Jika hal ini sudah berjalan maksimal maka pada 2018 Kota Bekasi dapat meraih Piala Adipura.
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1546 Kali
Berita Terkait

0 Comments