Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 26/09/2017 14:33 WIB

DPRD Prihatin Banyak Pelanggan Tirta Patriot Terbengkalai

Anggota DPRD saat sidak ke kantor PDAM Tirta Patriot
Anggota DPRD saat sidak ke kantor PDAM Tirta Patriot
BEKASI_DAKTACOM: Komisi Dua DPRD Kota Bekasi berang, pasalnya ratusan warga Bekasi utara tidak mendapat aliran air PDAM Tirta Patriot selama 15 hari.
 
Warga RW 07 dan 13 Kelurahan Teluk Pucung mengeluhkan aliran PDAM Tirta Patriot yang tidak beroperasi selama 15 hari terahir.
 
Muhamad warga RW 07 siang ini mengatakan akan mencabut meter ukur aliran PDAM Tirta Patriot jika tidak ada tindakan dari pihak penyedia layanan air bersih milik pemerintah Kota Bekasi.
 
"Buat apa kita langganan jika aliran airnya nggak ada isinya hanya angin, sudah lima belas hari kita tidak menikmati aliran air bersih, " ungkap Muhamad, Selasa (26/9).
 
Menyikapi hal ini, komisi dua DPRD Kota Bekasi melakukan sidak ke kali bekasi sebagai salah satu sumber air baku PDAM Tirta Patriot.Saat melakukan kunjungan sidak ke Bendung Kali Bekasi Komisi dua menemukan adanya pencemaran Kali Bekasi.Banyak zat yang ada di dalam air mengandung besi, dan lainya.
 
"Di sinyalir ada sebanyak 18 perusahaan yang membuang limbah ke kali karena tidak memiliki instalasi pengelolaan limbah (IPAL), dan kita sudah minta agar dinas LH melakukan pengecekan perusahaan tersebut.Dan menguji leboratorium air kali bekasi terkait adanya pencemaran," ungkap Daryanto.
 
Pihaknya mengakui jika aliran PDAM saat ini banyak di protes warga karena adanya persoalan di hulu dan di hilir. Persoalan pertama di hulu adanya pencemaran Kali Bekasi dan di hilir adanya pipa PDAM Tirta Patriot yang belum maksimal.
 
"Kita secara terbuka mengakui, masih ada aliran PDAM Tirta Patriot yang terganggu ,karena air bakunya tercemar dan belum ada tindakan resmi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Jasa Tirta. Saat ini masih dalam penyidikan," ungkap anggota fraksi Golkar DPRD Kota Bekasi ini.
 
Di lokasi yang sama PJS Dirut PDAM Tirta Patriot Tjetjep Achmadi mengatakan bahwa produksi PDAM Tirta Patriot belum dapat melakukan pengolahan air bersih secara maksimal karena pasokan air yang kurang dan tercemar. Salah satu usaha yang dilakukan adalah meminta aliran sodetan palanta aliran air kali malang di tambah untuk memperbanyak aliran air baku PDAM Tirta Patriot.
 
Pihak PDAM TP juga mengakui masih ada beberapa pelanggan yang belum teraliri air PDAM TP seberti di daerah cepu perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Bekasi utara di samping di daerah Kali Abang. 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1169 Kali
Berita Terkait

0 Comments