Nasional / Budaya /
Follow daktacom Like Like
Senin, 18/09/2017 08:00 WIB

Sambut Muharram, Pemda Pringsewu Gelar Parade Beduk Syuro

parade bedung suro jelang tahun baru hijriyyah
parade bedung suro jelang tahun baru hijriyyah
PRINGSEWU_DAKTACOM: Memeriahkan datangnya tahun baru 1439 Hijriyah, Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu akan menggelar berbagai macam kegiatan. Salah satunya Parade Beduk Suro.
 
Bupati Pringsewu H. Sujadi mengatakan, selain sebagai kegiatan untuk menandai datangnya 1 Muharram yang di Indonesia sering disebut bulan Syuro, Parade Beduk Syuro merupakan upaya Pemda untuk melestarikan peralatan khas penanda waktu shalat yang telah diwariskan para wali itu.
 
"Pada tahun ini, ada 45 beduk yang akan kita kirab dan dipukul bersama. Dan ke depannya kita programkan setiap desa mengirim beduk mereka sehingga ke depannya bisa mencapai 2000 beduk yang kita paradekan," jelasnya, Ahad (17/9).
 
Terkait dengan beduk, bupati juga sudah memiliki rencana untuk membuat beduk yang istimewa.
 
"Kita akan buat beduk dengan ukuran terbesar di Kabupaten Pringsewu dan nantinya diletakkan di Masjid Darussalam, kompleks kantor Pemda. Apa bisa? Bisa. Sudah ada bahannya di daerah Sukoharjo," kata umara yang juga ulama ini.
 
Selain Parade Beduk Syuro, Pemda Pringsewu juga akan menggelar lomba kasidah atau rebana yang akan dilaksanakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Pringsewu.
 
Lomba ini akan digelar selama dua hari pada 18-19 September 2017 di Pendopo Kabupaten Pringsewu.
 
"Lomba ini dibagi untuk kategori ibu-ibu dan umum dan sudah disediakan hadiah berupa uang pembinaan, tropi dan piagam," demikian disampaikan Sekretaris PHBI Kabupaten Pringsewu Rudito melalui pesan singkatnya.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : nu.or.id
- Dilihat 143 Kali
Berita Terkait

0 Comments