Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 14/09/2017 14:30 WIB

Saluran Sekunder di Bekasi Tercemar Lagi

Saluran Sekunder SS di Jalan Kemakmuran Kelurahan Margajaya Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi tec
Saluran Sekunder SS di Jalan Kemakmuran Kelurahan Margajaya Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi tec
BEKASI_DAKTACOM: Saluran Sekunder (SS) di Jalan Kemakmuran, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi tecemar lagi, Kamis (14/9) siang.
 
Saluran yang memiliki lebar sekitar 15 meter ini berwarna hitam pekat dan mengeluarkan aroma tidak sedap.
 
Pantauan di lapangan, banyak masyarakat yang menjala ikan di saluran tersebut. Saat itu, berbagai jenis ikan banyak yang mati mengambang di saluran air. Selain berwarna hitam pekat dan berbau tidak sedap, air juga tampak berbusa.
 
Joko (31) salah seorang warga, mengaku sudah dua hari ini dia menjala ikan di saluran tersebut. Bahkan dia mampu menjala ikan sepat rawa, sapu-sapu dan sebagainya. "Kemarin dapat ikan sepat enam ekor dan sapu-sapu 4 ekor," kata Joko pada Kamis (14/9).
 
Joko mengatakan, kondisi air kali seperti ini sudah terjadi sejak empat hari lalu atau hari Senin (11/9). Namun saat itu dia tidak sempat mengambil ikan, karena tidak mengetahui bahwa ada ikan yang mengambang di saluran.
 
"Saya baru tahu pas kemarin sore ketika banyak warga turun ke saluran untuk mengambil ikan. Dari situ saya langsung pulang ke rumah untuk menjala," ujar warga Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi ini.
 
Warga lainnya, Ipan (28) tidak mau ketinggalan dalam menangkap ikan di lokasi. Bahkan Ipan harus berbasah-basahan karena turun ke saluran tersebut. "Lumayan buat dimasak nanti siang di rumah," kata Ipan.
 
Ipan mengaku tahu adanya ikan mengambang ini saat melintas di sekitar lokasi. Dia merasa aneh dengan warna kali yang biasanya berwarna coklat, kini berubah menjadi hitam. "Saya langsung samperin dan melihat banyak ikan. Yah sudah saya ambil saja," ujar Ipan.
 
Kasus tercemarnya saluran ini bukan terjadi kali ini saja. Air yang berasal dari aliran Kali Bekasi ini pernah tercemar pada Oktober 2016, Januari 2017 dan Maret 2017 lalu. Kondisinya pun sama, air berwarna hitam, berbau dan berbusa.
Editor :
Sumber : Wartakota
- Dilihat 1297 Kali
Berita Terkait

0 Comments