Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 31/08/2017 08:15 WIB

Menag Sapa Jemaah di Tenda Arafah

Menag Sapa Jemaah di Tenda Arafah
Menag Sapa Jemaah di Tenda Arafah
MAKKAH_DAKTACOM: Jemaah haji Indonesia sudah mulai berada di Arafah. Mereka diberangkatkan sejak pagi secara bertahap hingga malam hari dan akan melaksanakan wukuf pada 31 Agustus 2017.
 
Menag Lukman Hakim Saifuddin tiba di Arafah sekitar pukul 18.00 waktu Arab Saudi. Selepas salat Magrib dan Isya, Menag menyempatkan diri menyapa jemaah di tenda Arafah. 
 
"Alhamdulillah saya menyempatkan diri berkunjung ke maktab 23 dan maktab 7. Saya melihat langsung jemaah kita sudah masuk ke Arah sejak sore hari," kata Menag di Arafah, Rabu (30/08).
 
Kepada para jemaah, Menag berpesan agar memanfaatkan waktu untuk istirahat. Sebab, esok hari, jemaah akan melaksanakan wukuf.
 
"Mohon ampunan Allah, semoga mendapat rahmat. Doakan semoga bangsa Indonesia semakin maju dan sejahtera," pesannya.
 
Menag sempat mengajak dialog jemaah, menanyakan kualitas layanan yang mereka terima.  "Alhamdulillah, umumnya mereka merasa makanan baik dan kendaraan. Keluhan lebih ke cuaca. Suhu udara sangat panas dibandingkan tanah air. Mudahan itu tidak terlalu mengganggu kesehatan jemaah kita," harap Menag.
 
Ketersediaan air mineral di tenda jemaah juga cukup. Air minum dibagikan dalam kemasan botol secara cuma-cuma.
 
Menag mengaku menemukan beberapa air cooler yang masih belum difungsikan coolernya. Akibatnya, hanya angin saja yang keluar dan tenda menjadi pengap. "Tadi saya masuk ke beberapa tenda terasa panas ternyata air cooler belum berfungsi secara normal. Tapi tadi sudah diperbaiki," katanya.
 
"Saya juga minta petugas untuk cek di tenda lainnya," sambungnya.
 
Terkait proses kedatangan di Arafah, Menag menilai berjalan lancar. Sebagain ada yang tidak sampai satu jam perjalanan dari Makkah ke Arafah. Namun, sebagian lain ada juga yang sampai dua hingga tiga jam karena terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan.
 
"Secara keseluruhan, tidak sampai ada yang 4 jam," katanya.
 
Sampai dengan pukul 22.00, sebagian besar jemaah haji Indoensia sudah tiba di Arafah. Sebagian yang lain masih di jalan.
 
"Mudah-mudahan selepas pukul 24.00, tidak ada satupun jemaah kita yang belum terangkut ke Arafah," tuturnya.
 
"Petugas kita akan melakukan penyisiran," tandasnya.
Editor :
Sumber : Kemenag.go.id
- Dilihat 929 Kali
Berita Terkait

0 Comments