Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 30/08/2017 11:15 WIB

Aher Dukung Perang Terhadap Hoax

Ahmad Heryawan Gubernur Jabar
Ahmad Heryawan Gubernur Jabar
BANDUNG_DAKTACOM: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mendukung pemerintah pusat dan kepolisian dalam memerangi informasi bohong atau hoax.
 
"Hoax ini serupa riak yang lama kelamaan bisa mengganggu pembangunan," kata Aher melalui siaran pers, Rabu (30/8).
 
Ia menuturkan, pemerintah serius dalam memerangi kabar kibul, terbukti dengan terbongkarnya penyebar informasi bohong berikut tiga orang tersangka diamankan oleh kepolisian.
 
Menurut Aher, kabar bohong tidak bisa begitu saja diabaikan, karena dalam membangun negara dibutuhkan kestabilan.
 
Untuk itu, Gubernur mengajak semua pihak untuk menghadapi bersama kabar bohong yang menyebar di media sosial.
 
Aher juga mengapresiasi positif usulan adanya "Hub" untuk memeriksa kabar bohong yang beredar di masyarakat terutama media sosial.
 
"Ide 'Hub'yang mengemuka ini adalah kelompok bersama untuk melaksanakan kroscek oleh media mainstream yang dilaksanakan oleh jaringan wartawan di media mainstream dan diklarifikasi lalu ditulis juga oleh media mainstream agar cepat tersebarnya, tentu saja dengan cover bukan saja both, tapi all sides, jadi dengan berbagai cara pandang," katanya.
 
Menurut dia, jarak waktu penanganan berita bohong paling lama memerlukan waktu sepekan.
 
"Kalau berita hoaxnya 2-3 hari, paling lambat seminggu lah, hari kedelapan harus ada klarifikasi. Kalau berlarut-larut, kasihan anak bangsa ini kalau energinya terkuras untuk komentari berita-berita hoax," katanya.
 
Aher menambahkan saat ini sudah ada web application karya anak bangsa untuk mengidentifikasi konten tersebut bohong atau fakta yaitu bernama Hoax Analyzer.
 
Aplikasi tersebut dikembangkan oleh tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan telah memenangkan kompetisi se-Asia Tenggara mewakili Indonesia dalam ajang Imagine Cup 2017.
Editor :
Sumber : Antaranews
- Dilihat 1310 Kali
Berita Terkait

0 Comments