Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 23/08/2017 09:30 WIB

Kader Posyandu Diminta Kedepankan Transparansi Anggaran

Ilustrasi Posyandu Kabupaten Bekasi
Ilustrasi Posyandu Kabupaten Bekasi
CIKARANG_DAKTACOM:Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Bekasi meminta kepada seluruh kader Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) untuk meningkatkan keterampilan dalam mengelola keuangan. Karena selama ini Posyandu kerap menerima bantuan dana dari berbagai pihak termasuk dari pemerintah daerah.
 
Kepala DPMPD Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid mengatakan merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang dikelola dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam pemberdayaan kesehatan masyarakat, sementara para kader menjadi ujung tombak dalam pelaksanaanya. 
 
"Oleh karena itu, sebesar apapun anggaran yang ada dalam kegiatan posyandu, para kader harus terbuka dan mengelola anggaran dengan baik agar terhindar dari persoalan-persoalan hukum dan administrasi," ujarnya pada Rabu (23/8).
 
Selain memperhatikan masalah pengelolaan anggaran, Dadang menghimbau agar kinerja posyandu semakin meningkat, ada baiknya membangun kemitraan dengan dunia usaha melalui CSR (Corporate Social Responsibility), supaya pengembangan program-program yang ada, seperti bidang ekonomi keluarga, bina-bina keluarga, Pos PAUD, PHBS maupun penanganan kekerasan dalam rumah tangga, dapat meningkat dengan baik.
 
"Posyandu setiap tahun juga mendapat alokasi bantuan, untuk tahun ini saja pemerintah provinsi Jawa Barat mengalokasikan sebesar Rp. 10 juta untuk kegiatan kantor Posyandu maupun fasilitasi kegiatan," paparnya.
 
Abdillah menambahkan, untuk bantuan bagi Posyandu di Kabupaten Bekasi pihaknya belum memberikan bantuan hanya saja setiap tahunnya, pemerintah daerah kerap melakukan perlombaan bagi seluruh Posyandu.
 
Perlombaan ini diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan dari kader Posyandu, selain itu pihaknya selalu melakukan pendekatan-pendekatan secara pro aktif terhadap masyarakat, menjalin komunikasi secara berjenjang serta memfasilitasi melalui program Pokjanal Posyandu Kabupaten maupun Kecamatan.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2427 Kali
Berita Terkait

0 Comments