Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/08/2017 14:04 WIB

Perludem: KPU Perlu Galang Kolaborasi Sosialisai Pilkada 2018

Titi Anggraini Direktur Perludem paling kanan dalam Seminar Sehari bersama KPU Kota Bekasi
Titi Anggraini Direktur Perludem paling kanan dalam Seminar Sehari bersama KPU Kota Bekasi

BEKASI_DAKTACOM: Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) melihat bahwa penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 menghadapi tantang rendahnya jumlah pengguna hak pilih, oleh karena itu butuh terobosan untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat mengikuti Pilkada.

Direktur Perludem Titi Anggraini Mashudi mengusulkan agar setiap KPU di Kabupaten/Kota di Jawa Barat dapat melakukan kolaborasi untuk membentuk sosialisasi bersama. Hal ini mengingat sekitar 16 Kabupaten/Kota akan menyelenggarakan Pilkada secara bersamaan.

"Dengan kolaborasi sosialisasi oleh 16 KPU yang menggelar Pilkada di wilayahnya masing-masing, diharapkan gemanya bisa terasa lebih luas, apalagi juga ada Pilgub," tuturnya pada Selasa (22/8) di Hotel Amarossa Kota Bekasi.

Titi juga menambahkan bahwa ada kolerasi antara jumlah pengguna hak pilih di sebuah wilayah dengan kualitas pejabat yang terpilih, makin rendah penggunaan hak pilih masyarakat, biasanya akan melahirkan pejabat yang kerap tersandung masalah korupsi.

"Kita bisa lihat Pilkada di Kota Medan sebelum 2015 lalu yang rendah pengguna hak pilihnya melahirkan Walikota yang tersandung kasus korupsi," paparnya.

Jika mencontoh Pilgub DKI Jakarta, lanjut Titi, peran kekuatan tokoh yang dicalonkan juga memegang peran penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, jadi diharapkan parpol di Kota Bekasi bisa mengangkat kader terbaiknya. [Azeza]

Editor : Dakta Administrator
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1014 Kali
Berita Terkait

0 Comments