Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 22/08/2017 08:30 WIB

Pengamat: Aturan Ganjil Genap di Tol Japek Bukan Solusi Macet

Azas Tigor Nainggolan Pengamat Transportasi
Azas Tigor Nainggolan Pengamat Transportasi
BEKASI_DAKTACOM: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) sempat melontarkan wacana untuk menerbitkan aturan pembatasan kendaraan di toll Japek (mulai pintu toll Bekasi Barat hingga Cawang) dengan sistem ganjil genap.
 
Namun aturan ini menimbulkan kritik dan pertanyaan dari banyak pihak karena dianggap bukan solusi untuk memecah kemacetan yang sudah terlalu parah.
 
Pengamat transportasi, Azas Tigor Nainggolan pun sepakat menyatakan bahwa aturan ganjil-genap di toll Japek tidak akan membuat kemacetan terurai dan justru berpotensi menimbulkan masalah baru.
 
"Ini saya pribadi bertanya-tanya, kebijakan ganjil genap itu dasar kajiannya apa, jangan-jangan hanya karena latah meniru aturan di DKI," ujarnya saat dihubungi Radio Dakta, Selasa (22/8).
 
Dirinya melihat, jika keinginan pemerintah untuk memecah kemacetan tidak dibarengi dengan semangat menyiapkan sarana transportasi publik yang nyaman dan mudah diakses.
 
"Apa yang dilakukan oleh pemerintah saat ini kan sifatnya masih parsial dan tidak terintegrasi dengan baik, maka masalah kemacetan pun terus berlarut-larut," tambahnya.
 
Dirinya pun mencontohkan pembangunan simpang Semanggi yang menjadi gambaran bahwa Pemerintah masih melihat penambahan jalan sebagai solusi bagi kepadatan kendaraan di jalan raya.
 
"Padahal penambahan ruas jalan itu opsi nomor tiga dalam skala prioritas penanganan kemacetan, sementara yang paling pertama yakni pembenahan transportasi publik tampaknya masih belum diperhatikan," pungkasnya. 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1541 Kali
Berita Terkait

0 Comments