Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 11/08/2017 12:45 WIB

Komisi V: Dana Desa Belum Entaskan Kemiskinan

Wakil Ketua Komisi V DPR Sigit Sosiantomo
Wakil Ketua Komisi V DPR Sigit Sosiantomo
JAKARTA_DAKTACOM: Wakil Ketua Komisi V DPR Sigit Sosiantomo menilai, triliunan dana desa yang telah digelontorkan, belum mampu mengentaskan kemiskinan di pedesaan. Padahal, dana desa yang cenderung meningkat, seharusnya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya di kalangan pemuda desa.
 
“Jadikan dana desa menjadi tulang punggung ekonomi desa dan pemberdayaan pemuda. Tiga tahun setelah dana desa digulirkan, namun belum menyentuh substansi permasalahan kemiskinan dan pemberdayaan pemuda,” nilai Sigit, saat dihubungi Parlementaria, Kamis (10/8).
 
Selama kunjungan di dapil Jawa Timur I, Sigit mendapat aspirasi dari para kepala desa, bahwasannya penyaluran dana desa kerapkali terlambat. Selain itu, administrasi keuangan desa harus menjadi perhatian. Untuk itu, ia meminta kepada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi agar bisa memperhatikan hal ini, melalui kerjasama dengan Menteri Dalam Negeri
 
“Transfer langsung dana desa ke rekening desa, bukan lagi melalui transfer ke rekening kabupaten atau kota, juga bisa menjadi solusi lambannya pencairan dana desa. Yang akhirnya berdampak pada pembangunan desa secara keseluruhan,” harap Politisi F-PKS itu. 
Editor :
Sumber : dpr.go.id
- Dilihat 1241 Kali
Berita Terkait

0 Comments