Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 05/08/2017 17:15 WIB

Lebaran Betawi Momen Melestarikan Budaya

Lebaran Betawi di Kota Bekasi
Lebaran Betawi di Kota Bekasi

BEKASI_DAKTACOM: Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu berpesan kegiatan lebaran Betawi perlu terus dilestarikan guna menjaga tradisi budaya bagi anak cucu. Bahkan nilai-nilai patriotisme para pejuang pendahulu juga tercermin diacara Lebaran Betawi.

Hal ini ia katakan saat meghadiri pesta rakyat "Lebaran Betawi" yang di adakan di halaman Yayasan Yasfi Fisabilillah Kelurahan Jati Murni Kecamatan Pondok Melati, Sabtu, (5/8).

"Lebaran Betawi mengingatkan akan tanggung jawab kita melestarikan budaya. Pemerintah sangat mengapresiasi dan kedepan visi kita mampu menjaga keilmuan dan nilai patriotisme para pendahulu," ungkap Wawali Ahmad Syaikhu.

"Kita kuat secara fisik dan keilmuan dan menjaga sikap patriotisme seperti yang dicontohkan KH Noer Ali salah pejuang Tokoh Bekasi. Semangat beliau patut kita contoh. Sosok kita punya," imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Wawali Ahmad Syaikhu meberikan sebuah bilah golok atau juga disebut Bendo berukuran mini kepada Kh Rahmadin Afif. Golok dikenal sebagai alat tajam yang biasa digunakan sehari-hari bahkan dulu di zaman penjajahan.  

Gelaran Lebaran Betawi menyuguhkan berbagai macam jenis khas Betawi baik dari kuliner, kesenian, kerajinan tangan, hingga pertunjukan beladiri Pencak Silat. Panganan khas mulai dari makanan khas Betawi seperti kerak telor, dodol, kue kering akar kelapa, cucur dan lainnya.

Masyarakat juga dimanjakan dengan pertunjukan Khas Betawi dari berbagai sanggar seni maupun sangar pencat silat. Hingga pukul 24.00 rencananya gelaran Lebaran Betawi selesai dengan pertunjukan terakhir lenong Betawi.

"Seru dan sengaja membawa anak-anak kesini melihat pertunjukan. Kita jadi mengenal kesenia Betawi yang ada khususnya di Kampung Sawah," sebut Rudi warga Jatimurni.

Komunitas Orang Bekasi (Koasi) kembali menginisiasi kegiatan ini dan digelar selama sehari penuh setelah pada 2016 lebaran Betawi sekaligus melouncing Buku si-ILok karya anak Betawi Bekasi.

Editor :
Sumber : Rilis Pemkot Bekasi
- Dilihat 1241 Kali
Berita Terkait

0 Comments