Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 04/08/2017 13:15 WIB

Tunggakan Sewa Rusun di Jakarta Capai Rp 32 M

Ilustrasi rusunawa
Ilustrasi rusunawa
JAKARTA_DAKTACOM: Pemprov DKI Jakarta merilis data jumlah tunggakan biaya sewa rusun hingga mencapai Rp 32 miliar.
 
"Banyak warga yang menunggak biaya sewa rusun, padahal sebagian besar diantara mereka masih berada dalam usia produktif yang semestinya dapat mencari penghasilan. Pemberian unit rusun ini bukan berarti mereka bebas biaya sewa, tadi kami memberikan subsidi," keluh Sekda DKI Jakarta, Saefullah di Balaikota pada Jumat (04/08).
 
Saefullah meminta warga untuk mengubah pola hidup mereka agar tetap dapat memenuhi tanggung jawabnya membayar biaya sewa yang sudah dibuat sangat murah oleh Pemprov DKI Jakarta.
 
"Sekarang kan kami sudah memberikan biaya yang terjangkau, rata-rata 300 ribu per bulan, tergantung tipe unitnya. Sedangkan kalo merokok saja mereka mengeluarkan uang 22 ribu sebungkus. Ini kan memang pola hidupnya saja yang harus diubah," paparnya.
 
Menurut Data dari Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta menyebutkan, hingga Juni 2017 jumlah tunggakan sewa rusun di Jakarta mencapai Rp32 miliar. Jumlah ini naik sebanyak Rp6 miliar dari nilai tunggakan pada Januari 2017 sebesar Rp 26 miliar.
 
Sementara jumlah total unit rusun di Jakarta sebanyak 15.373 unit di 23 tempat dgn rata2 harga sewa Rp 150-300 ribu/bulan. Sebagian besar penghuni rusun adalah warga yg tempat tinggalnya terkena relokasi seperti di Bukit Duri dan Kp Melayu.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1047 Kali
Berita Terkait

0 Comments