Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 04/08/2017 07:45 WIB

INDEF: Perlu Grand Design Atur Transportasi Online

Ilustrasi taksi online
Ilustrasi taksi online
JAKARTA_DAKTACOM: Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai pemerintah perlu membuat grand design yang dapat dijadikan panduan bagi semua pemangku kepentingan agar kehadiran angkutan umum berbasis aplikasi atau transportasi online memberi manfaat optimal.
 
Direktur Indef Enny Sri Hartati mengatakan transportasi online tidak hanya bergerak pada sektor transportasi.
 
Angkutan umum berbasis apliksi, ungkapnya bisa masuk pada sektor lainnya seperti perdagangan, pariwsata, keuangan, dan sebagainya.
 
Saat ini, lanjutnya, pengaturan terkait dengan transportasi online di dalam negeri bersifat parsial dan terbatas pada sektor perhubungan saja.
 
“Tapi, tidak meregulasi atau melakukan pengaturan secara komprehensif bagaimana nanti keberadaan transportasi online ini, misalnya, terhadap sektor perdagangan, pariwisata, keuangan, dan sebagainya,” kata Enny di Jakarta pada Kamis (3/8).
 
Dia mencontohkan pemerintah perlu memikirkan aturan penerimaan negara dalam transaksi yang terjadi pada transportasi online karena hal tersebut bisa menjadi objek pajak. Kemudian, lanjutnya, pemerintah juga perlu memikirkan terkait sektor perbankan dengan transaksi non-tunainya.
 
“Ini harus dipetakan apa saja kaitan dan bagaimana peran dari aplikasi ini ke banyak sektor tadi. Itu yang harus terintegrasi bagaimana kalau misalnya dimanfaatkan untuk jasa-jasa berbagai jasa,” katanya.
Editor :
Sumber : Bisnis.com
- Dilihat 1391 Kali
Berita Terkait

0 Comments