Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 03/08/2017 16:15 WIB

Baznas Kampanyekan Kurban Berdayakan Desa

Lapak Penjualan Hewan Kurban
Lapak Penjualan Hewan Kurban
JAKARTA_DAKTACOM: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengkampanyekan kurban berdayakan desa. Kampanye tersebut bertujuan untuk menggeliatkan perekonomian para peternak di desa terpencil sekaligus agar masyarakat di desa tersebut merasakan manfaat kurban.
 
"Kita harapkan sebenarnya begini ada uang yang berputar di desa, itu penting," kata Anggota Baznas, Nana Mintarti, Kamis (3/8).
 
Ia menerangkan, orang-orang yang berkurban di Jakarta. Mereka menyerahkan uang ke Baznas, kemudian Baznas membeli hewan kurban dari peternak di desa terpencil. Selanjutnya hewan kurban tersebut di potong di desa tersebut untuk dibagikan kepada masyarakat desa yang layak menerima daging kurban.
 
Dengan demikian, perekonomian peternak di desa akan terbantu karena Baznas membeli hewan ternak dari mereka. Di samping itu, para peternak juga dapat merasakan daging kurban karena Baznas akan memotong hewan kurban di sana. Sebab, selama ini banyak peternak yang menjual hewan kurban tapi tidak bisa merasakan daging kurban.
 
"Nah kita berharap dengan kurban berdayakan desa ini para peternak bisa menikmati hasilnya, tidak hanya uangnya saja, tapi dagingnya juga," ujarnya.
 
Baznas juga membuat kriteria desa yang akan tersentuh program kurban berdayakan desa, Nana menjelaskan, kriterianya yang pertama daerah miskin dan tertinggal. Kedua, daerah pedalaman. Ketiga, daerah yang masyarakatnya belum pernah atau jarang menkonsumsi daging.
 
Kriteria yang keempat, daerah program pemberdayaan peternak Baznas. Kelima, daerah tempat tinggal komunitas adat terpencil. Keenam, mualaf di daerah terpencil. Daerah atau desa yang terpilih merupakan hasil survei Baznas. Baznas pusat melakukan koordinasi dengan Baznas provinsi dan kabupaten untuk melaksanakan kurban di desa-desa yang masuk kriteria tersebut.
 
"Hewan kurban akan didistribusikan ke 108 titik desa di 20 provinsi di Indonesia," ungkapnya.
Editor :
Sumber : Republika
- Dilihat 1322 Kali
Berita Terkait

0 Comments