Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 02/08/2017 09:30 WIB

Harga Garam Mahal, YLKI Curiga Ada Permainan Mafia

Gambar Garam Meja
Gambar Garam Meja
JAKARTA_DAKTACOM: Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Kosumen Indonesia Tulus Abadi mempertanyakan persoalan mahalnya harga garam yang semakin mencekik konsumen. Harga garam yang semula hanya Rp 5.000 per bungkus, melonjak menjadi Rp 12.000 per bungkus.
 
“Di saat kenaikan harga komoditas lain, tentu makin menambah beban pengeluaran masyarakat konsumen,” ujar Tulus dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/8).
 
Tulus menilai, mahalnya harga garam telah menjadi ironi bagi Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan dan memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Seharusnya, kata Tulus, Indonesia jadi negeri dengan pasokan garam yang melimpah ruah. “Bahkan bukan hanya untuk konsumsi lokal atau nasional, tapi mampu memasok untuk kebutuhan ekspor,” ujar Tulus.
 
Menurut Tulus, Indonesia justru menjadi negeri dengan peringkat ke-35 di dunia untuk produksi garam dengan hanya memproduksi 700 ribuan ton per tahun. Tulus menuturkan, faktor penyebab rendahnya produksi garam di Indonesia terjadi karena beberapa sebab. Pertama, lahan produksi garam tidak bertambah secara signifikan. “Bahkan di Gresik karena pertimbangan ekonomi lahan garam dikonversi menjadi lahan industri,” Tulus.
 
Kedua, Tulus menuturkan produksi garam nasional hanya mengandalkan petani garam rakyat. Sementara di sejumlah negara dikelola dalam skala korporasi. Kemudian, alasan cuaca atau iklim selalu dijadikan pemerintah sebagai sebab gagal panen. Padahal, kata Tulus, kendala cuaca sudah di sejumlah negara  sudah bisa diatasi dengan teknologi.
 
“Sehingga masa produksi garam lebih lama. Dengan fakta yang demikian, maka pantaslah jika 100 persen kebutuhan garam industri dengan kadar NaCl diatas 97 persen masih impor,” ujar Tulus.
 
Tulus mencurigai mahalnya harga garam hanyalah trik untuk justifikasi menaikkan kuota impor garam. Hal tersebut terbukti pada saat Kementerian Perdagangan menyatakan mengeluarkan izin impor. Tulus menduga ada mafia garam, baik dari importir atau distributor besar, yang memanfaatkan situasi ini.
 
“Kami mendorong pemerintah untuk mengatasi kenaikan dan kelangkaan garam dengan meningkatkan produksi garam nasional, berikan insentif pada petani garam," kata dia. Tulus mengatakan harga pangan yang terjangkau, termasuk harga garam adalah tugas dan tanggungjawab negara.
Editor :
Sumber : Bisnis.com
- Dilihat 1444 Kali
Berita Terkait

0 Comments