Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 28/07/2017 09:15 WIB

Pertamina Tambah Stok Avtur untuk Penerbangan Haji

Pertamina
Pertamina
BALIKPAPAN_DAKTACOM: PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI Kalimantan menambah pasokan avtur di dua bandara di Kalimantan yang akan melaksanakan keberangkatan Jemaah Haji dengan total 5.057 kiloliter (KL).
 
Tambahan pasokan tersebut disalurkan ke Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin.
 
Alicia Irzanova, Area Manager Communication and Relation Pertamina Kalimantan mengatakan penerbangan pertama Jemaah haji secara perdana dari Balikpapan direncanakan pada 30 Juli 2017 mendatang. Untuk itu Pertamina sudah harus mengantisipasi peningkatan avtur yang lebih banyak pada tahun ini.
 
Peningkatan avtur terjadi lantaran adanya perubahan pesawat yang digunakan untuk mengangkut Jemaah Haji dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan yang pada tahun lalu menggunakan pesawat Airbus 330. Sementara di tahun ini menggunakan pesawat boeing 747 yang memiliki kebutuhan avtur lebih besar.
 
Sedangkan peningkatan pasokan avtur di Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin untuk mengantisipasi dua hal, yang pertama adalah penambahan kloter penerbangan sebanyak 3 kloter dibanding tahun lalu.
 
Yang kedua adalah di tahun ini penerbangan Jemaah Haji dari Banjarmasin langsung ke Jedda, Arab Saudi, sehingga pengisian full dilakukan di Banjarmasin.
 
"Sementara di tahun lalu penerbangan terlebih dahulu transit di Batam sehingga tidak sepenuhnya kebutuhan avtur dipenuhi dari Banjarmasin” kata Alicia dalam siaran pers pada Kamis (27/7).
 
Pertamina memasok tambahan avtur di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan sebanyak total 2.347 KL atau meningkat 120% dibandingkan tambahan pasokan tahun 2016. 
 
Penambahan avtur di Bandara Syamsudin Noor sejumlah total 2.710 KL atau meningkat tiga kali lipat dibanding tahun lalu. Pasokan ini masing-masing sebanyak 1.355 KL baik untuk keberangkatan dan kepulangan.
 
DPPU (Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara) Syamsudin Noor Banjarmasin secara regular, memiliki rata-rata konsumsi avtur sebesar 135 KL/hari. Dengan adanya penerbangan haji, estimasi konsumsi avtur fase satu atau fase keberangkatan dan fase dua kepulangan akan mencapai 215 KL/hari.
Editor :
Sumber : Kontan.co.id
- Dilihat 1112 Kali
Berita Terkait

0 Comments